Sunday, February 19, 2012

Tips Persahabatan

Pentingnya Tetap Berhubungan dengan Sahabatmu

Hey, Tahukah kamu tentang sebuah game komputer yang fenomenal yang bernama The Sims? Sebuah game simulasi dimana kita dapat melakukan banyak kegiatan sehari-hari di dalam game. Banyak orang suka memainkannya, dan bahkan, game ini sudah mencapai edisi yang ke 3.
Aku sendiri suka bermain The Sims karena aku dapat melakukan apapun tanpa konsekuensi di kehidupan nyata. Well, di samping mendapatkan kesenangan dari bermain game itu ( game ini sangat adiktif :) ), aku juga belajar banyak hal. Salah satunya adalah persahabatan. Dalam permainan itu, karakterku mempunyai banyak teman, dan kemudian setelah bermain beberapa lama, aku lupa berkomunikasi dengan teman lama karakterku. Hasilnya, ketika aku bertemu dengan mereka lagi, nilai persahabatanku (aku lupa istilah tepatnya, tapi semacam itu-lah) dengan mereka berkurang. Aku tidak bisa mengakses beberapa percakapan yang sebelumnya bisa kulakukan. Aku juga tidak bisa bercanda seperti dulu lagi (Jika aku melakukannya, mereka tidak akan suka dan bahkan mengurangi nilai persahabatanku lebih jauh).  


Apa poin-nya? 
Dari cerita tentang The Sims di atas, kita dapat belajar bahwa apabila kita tidak berhubungan dengan seseorang dalam waktu yang lama, maka hubungan kita akan menjadi lemah. Hubungan yang lemah itu seperti efek bola salju, lama-lama semakin besar. Ketika kita dan teman baik kita tidak pernah bertemu dan berhubungan (katakanlah) 10 tahun. Makan ketika kita bertemu satu sama lain, akan ada perasaan ganjil diantara kita. Kita membutuhkan beberapa saat untuk membiasakan diri kembali sebelum kita dapat bergaul seperti dulu lagi.

Kesimpulan
Banyak orang melupakan ini karena biasanya saat kita berada dalam lingkungan yang baru, kita akan mendapatkan teman baru juga. Tetapi aku ingin mengingatkanmu bahwa teman baik itu bukanlah sesuatu yang mudah didapat. Bahkan bisa aku katakan teman baik itu seperti hadiah dari Tuhan. Sulit didapat mudah untuk hilang. Kamu tentu saja tidak ingin persahabatanmu dengan teman lamamu menjadi sia-sia karena kamu tidak pernah berhubungan lagi. Maka dari itu, mulai dari sekarang, berpikirlah mengenai beberapa orang yang dulu pernah menjadi teman baikmu, kemudian hubungilah. Kadang, saat kamu berada dalam keputus-asaan dan membutuhkan bantuan, mereka akan dengan senang hati menolongmu. Kamu tidak pernah tahu, bukan? :)

No comments:

Post a Comment