Tuesday, January 7, 2014

Contoh Biografi




Tugas Bahasa Indonesia
Saya dan Kehidupan Saya




Disusun oleh :
Chandra Syahputra Sirait
26010113120015

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Universitas Diponegoro
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Biografi

1. Pendahuluan
Nama saya adalah Chandra. Nama lengkap saya adalah Chandra Syahputra Sirait. Saya lahir di Medan pada 31 Oktober 1995. Saya dilahirkan dari rahim seorang ibu yang kuat, ramah, baik, selalu menjadi yang terbaik buat anak-anaknya serta menjadi wanita kesayangan saya, ia bernama Magdalena Sirega dan dibimbing serta dibina oleh seorang ayah yang gagah, sabar dan selalu semangat demi keluarganya. Ia bernama Hendry Sirait.
Ayah saya lahir di kota Medan pada 19 Januari 1985 dan Ibu saya lahir di kota Medan pada 28 Oktober 1987. Mereka menikah pada 17 Juni 1994. Setahun kemudian pada 31 Oktober 1995, mereka dikarunia seorang anak laki-laki yang ganteng bernama Chandra Syahputra Sirait. Dua tahun kemudian pada 04 September 1997, mereka kembali dikarunia seorang anak laki-laki yang tak kalah gantengnya dengan abangnya. Anak tersebut bernama Broxy Reynaldi Sirait. Setelah dikarunia dua orang anak laki-laki, pada 28 Agustus 2000, mereka dikarunia seorang anak perempuan yang cantik bernama Putri Natasya Serliacy Sirait. Dan puji Tuhan pada 14 Februari 2004 mereka kembali dikarunia seorang anak laki-laki yang gantengnya tak kalah dengan abang-abangnya. Anak tersebut bernama Josua Councencau Sirait.
Ayah saya tamatan sekolah mengengah atas (SMA) SMAN 5 Medan. Kini ayah saya berkerja disuatu perusahaan ternama di Pangkalan Kerinci, Riau. Nama perusahan itu ialah PT. RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper) yang memproduksi kertas PaperOne. Sedangkan ibu saya hanya seorang ibu rumah tangga. Namun, sesekali ibu saya berbisnis jual sprai, gorden dan lainnya. Untungnya untuk membeli perlengkapan anak-anaknya.
Kini saya telah tumbuh 18 tahun berkat usaha, bimbingan dan kerja keras kedua orangtua saya. Mereka mengajari saya ketika waktu kecil sehingga saya mampu bertumbuh dengan cinta kasih dan bimbingan mereka. Sehingga saat ini saya bisa masuk ke salah satu universitas ternama di jawa. Yaitu Universitas Diponegoro (UNDIP). Saya berhasil masuk UNDIP melalui lajur undangan (SNMPTN 2013). Saya berhasil masuk di program studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

2. Masa Balita dan Anak-anak
Ketika saya masih kecil, tepatnya ketika saya dari kelas 1 SD sampai kelas 4 SD, saya tinggal jauh dari orangtua saya. Sebab saya bersama kakek dan nenek saya di kota Medan dan orangtua saya tinggal di Pangkalan Kerinci, Riau. Saya ikut ke Riau bersama dengan orangtua saya ketika saya kelas 4 SD sampai tamat SMP.
Ketika kecil saya bersekolah dasar di : SD HKBP Teladan - Medan (sejak 2000-2004) kemudian saya pindah sekolah ke SD Taruna Andalan - Pangkalan Kerinci, Riau (Sejak 2004-2006). Setelah itu saya melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP Taruna Andalan - Pangkalan Kerinci, Riau (Sejak 2006-2009). Setelah tamat dari pendidikan Sekolah Menegah Pertama (SMP), saya melanjutkan pendidikan Sekolah Menegah Atas (SMA), di salah satu sekolah negeri kota Medan, yaitu : SMAN 5 Medan (Sejak 2009-2013).
Adapun organisasi yang pernah saya ambil ketika saya sekolah ialah : Anggota staf redaksi Himpunan Jurnalistik SMAN 5 Medan (HIJAU SMANLI) sejak Februari 2012 - April 2012. Ketua staf redaksi Hijau Smanli. Sejak April 2012- Juni 2012. Ketua Redaktur Hijau Smanli. Sejak Juli 2012-Agustus 2012. Wakil Pimpinan Redaksi Hijau Smanli. Sejak Agustus 2012-Februari 2013. Pembimbing di Hijau Smanli. Sejak Februari 2013 - Sekarang. Anggota UKM UKSA (Unit Kegiatan Selam Mahasiswa) UNDIP. Sejak Desember 2013 - Sekarang.

3. Masa Praremaja-Remaja
Selama saya bersekolah, saya sampai saat ini baru 4 kali berpacaran. Pertama kali pacaran yaitu ketika saya kelas 2 SMP. Ketika itu saya berpacaran dengan adik kelas saya yang masih kelas 1 SMP. Kedua kali pacaran ketika saya kelas 3 SMP. Ketika itu saya pacaran hanya sebatas komunikasi dan belum pernah berjumpa. Sebab, saya mengenal dia ketika dia sms saya dan lama kelamaan jadi akrab dan akhirnya berpacaran. Pacar ketiga saya ketika saya kelas 1 SMA. Ketika itu pacar saya masih satu kelas dengan saya. Kami menjalin hubungan pacaran untuk saling support belajar dan saling memberi perhatian satu sama lainnya. Ketika itu, dia merupakan pacar saya telama. Sebab, kami berpacaran hingga 8 bulan lamanya. Setelah saya putus dengan dia, saya kemudian menjalin hubungan kembali setelah kira-kira 4 bulan putus dengan pacar ke tiga saya. Saya menjalin hubungan dengan seorang wanita sekelas saya juga. Ketika itu saya sedang duduk dibangku SMA kelas 2. Namun karena berbeda aliran agama, kami berdua memutuskan untuk tidak pacaran kembali. Hubungan kami hanya bertahan sekitar 3 atau 4 bulan lamanya.
Saya bertumbuh remaja bersama sahabat-sahabat saya yang luar biasa akrabnya. Selama di SMP saya bertemu dengan teman-teman saya yang dapat menerima saya apa adanya. Padahal saya cukup berbeda dengan saya. Baik segi kecerdasan dan juga agama. Namun itu lah yang membuat kami dapat bersatu dan dapat menjalin suatu hubungan persahabatan.
Di saat saya memutuskan untuk pindah dari Riau ke Medan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah menengah atas, saya harus berpisah dengan sahabat-sahabat saya yang di Riau. Namun kami tetap dapat bertemu di setiap libur semester. Sebab saya selalu pulang ke Riau ketika ada libur semester. Disaat itulah saya bisa melampiaskan rasa rindu saya dengan sahabat-sahabat saya dan keluarga saya, serta dapat menghabiskan waktu liburan disana dengan menyenangkan.
Ketika di Sekolah Mengah Atas (SMA), saya kembali menemukan sahabat-sahabat baru saya. Mereka juga mau menerima saya apa adanya. Padahal kami itu berbeda agama dan berbeda kecerdasan. Namun kekurangan itu yang dapat menyatukan kami semua. Susah - senang kami tanggung bersama. Selalu saling support yang sedang mengalami kesusahan dan kami selalu mengalami sedih maupun senang bersama. Jika ada waktu libur, kami selalu menghabiskan waktu liburan berjalan-jalan keluar kota. Membuat pengalaman baru yang menyenangkan dan yang pastinya pengalaman yang tak terlupakan.

Semoga biodata saya tadi dapat membantu teman-teman untuk membuat tugas biodata teman-teman semuanya..

No comments:

Post a Comment