Sunday, June 10, 2012

Tips : SUKSES SNMPTN




Baiklah, Pada posting Tips chandrasirait.blogspot.com kali ini, saya akan membagikan 6 Tips untuk sukses saat ujian SNMPTN. Tanpa banyak basa basi lagi, kita langsung saja :


1. Jangan lupa untuk survey tempat SNMPTN minimal 2 hari sebelumnya. Pada saat hari ujian kalau bisa datang, jangan terlalu pagi atau terlambat. Kenapa? Karena, kalau terlalu pagi kamu datang, kamu akan merasa bosan menunggu. Kalau kamu datang terlambat, akan tidak bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan soal karena terburu-buru waktu dan bahkan kamu tidak akan diizinkan untuk mengikuti ujian. Waktu optimalnya kira-kira 15 menit sebelum masuk.

2. Persiapkan kartu ujian, alat tulis seperti pensil 2B (jangan lupa bawa cadangan) penghapus, rautan, pulpen, dan papan ujian ( untuk mengantisipasi jika ruangan ujian tidal tersedia meja yang memadai.

3. Pilihlah kursi atau tempat duduk yang nyaman untuk mengerjakan  ujian. Pertahankan posisi duduk tegak dan rileks serta jangan terlalu tegang.

4. Isi formulir dengan tepat dan hati-hati. Tidak boleh kotor, basah, terlipat atau lecek. Karena formulir SNMPTN akan dibaca oleh komputer. Sehingga hal-hal tersebut sangat berpengaruh.

5. Kerjakan soal yang kamu anggap paling mudah terlebih dahulu, baru meningkat ke yang sedang, kemudian yang sulit. Sisakan waktu minimal 15 menit untuk memindahkan ke lembar jawaban. Jika ada soal-soal yang terlalu sulit, jangan memaksakan mengerjakannya, segera pindah untuk mengerjakan soal-soal yang lebih mudah, itu akan lebih baik. Jangan memberikan jawaban asal-asalan, lebih baik mengosongkan dari pada memberikan jawaban yang spekulatif.

6. Jangan terburu-buru untuk meninggalkan ruangan setelah menjawab semua soal-soal ujian, periksa kembali jawabanmu. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa, dan tanda baca (jika terdapat soal essai). Untuk jawaban Matematika, periksa kembali bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan decimal)

Itulah tadi 6 Tips Sukses yang bisa saya posting kali ini.
Semoga bermanfaat buat kamu yang akan mengikuti ujian SNMPTN dan Semoga sukses :)

No comments:

Post a Comment