Wednesday, April 11, 2012

Gempa Guncang Sumatera


Breaking News chandrasirait.blogspot.com



Chandrasirait.blogspot.com-, Hari ini 11-04-2012, telah terjadi Gempa dan Tsunami di Aceh dan daerah sekitarnya.

  Sekitar pukul 15:38:29 telah terjadi Gempa berkekuatan 8.5 SR, berlokasi di Sumatera Utara. Menurut BMKG, Gempa juga terasa di SUMBAR,BENGKULU,LAMPUNG,NAD, SUMUT. Lokasi : 2.31 LU, 92.67 BT dengan kedalaman 10 KM. Gempa berpusat di Kab. Simeuleu tepatnya pada 2.4 LU, 92.99 BT (346 km barat daya Kab. simeulue NAD)

  Setelah terjadi Gempa pertama, Gempa susulan terjadi sekitar 30 menit setelah gempa pertama. Gempa susulan sebesar 8.2 SR lokasi 0.8 LU, 92 BT.

  BMKG juga telah memperingatkan potensi Tsunami dini di Aceh dan sekitarnya, agar masyarakat Aceh dan sekitarnya segera mengungsi dan menyelamatkan diri ke tempat-tempat yang telah di gunakan untuk berlindung. Salah satunya seperti di Masjid Raya Baituhrrahman. Selain di Aceh, BMKG juga memperingatkan Potensi Tsunami dini di berbagai daerah. Seperti di pulau Mentawai, Nias dan beberapa tempat lainnya yang juga di prediksi berpotensi Tsunami.

  Gempa juga membuat 2 orang siswi tertimpa Asbes yang jatuh ketika gempa terjadi dan membuat banyak bangunan mengalami retak dan sebagian kaca jendela gedung pecah.

  Gempa ini juga membuat banyak orang panik dan juga trauma akan terjadi bencana yang serupa seperti di tahun 2004 yang lalu. Gempa yang dahsyat, menimbulkan kerusakan besar dan merengut banyak nyawa.

  Seperti yang di tayangkan di sebuah media berita online, Presiden RI menghimbau agar masyarakat tidak panik. Apa lagi ketika beredarnya isu-isu palsu oleh orang yang tidak bertanggung jawab, yang hanya mengacaukan segalanya.

  Gempa ini juga menimbulkan kemacetan di sejumlah jalan protokol di Kota Aceh. Hal itu di sebabkan karena banyaknya warga yang ingin pergi dan menyelamatkan diri ke dataran tinggi.

  Sejumlah SPBU juga di banjiri masyarakat yang ingin membeli bensin untuk perjalanan menuju dataran tinggi nantinya. Kendaraan yang mendominasi mengisi bahan bakar kebanyakan dari pengguna sepeda motor.

No comments:

Post a Comment