Wednesday, April 18, 2012

TEXAS LUMPUH KARENA WIZARD OF OZ. 47 RIBU BANGUNAN TANPA LISTRIK. 400 PENERBANGAN DI BATALKAN

News Up-Date chandrasirait.blogspot.com


  Lancaster- Di Dallas, 110 pesawat terbang yang sedang parkir di Bandara Internasional Dallas-Fort Worth mengalami kerusakan dalam beragam tingkat. Sebanyak 400 jadwal kedatangan dibatalkan serta lebih dari tiga lusin pesawat yang sedang dalam perjalanan ke salah satu bandara tersibuk di dunia itu harus di ahlihkan. Sementara itu, di Lancaster, sekitar 300 gedung dan rumah rusak. Jam malam pun diterapkan dan pemerintah kota membuka tempat pengungsian.


  Ada pun kennedale mengalami kerusakan tempat penampungan air utama dan Arlington sampai mengumumkan kondisi darurat bencana itulah kota-kota di Dallas-Fort Worth Metroplex di Texas Utara, Amerika Serikat, yang mengalami kerusakan paling parah karena terjangan sekitar 13 topan tornado pada selasa siang hingga sore lalu (3/4) waktu setempat (Rabu dini hari pagi WIB, 4/4) Total sekitar 47 ribu bangunan yang terdiri dari rumah dan perkantoran di kawasan yang berpenduduk lebih dari 6 juta jiwa tersebut juga mengalami pemadaman listrik.

  “Gambar-gambar yang saya dan Anda lihat sangat mengerikan. Kami mendapat laporan adanya sejumlah korban luka. Tapi, tak ada laporan meninggal sampai sekarang (kemarin WIB),” kata wakil Gubernur Texas David Dewhurst kepada CNN.

  Tak adanya korban tewas atau luk fatal itu sangat mungkin terjadi karena warga Texas mematuhi peringatan yang di keluarkan Badan Cuaca Nasional. Peringatan tersebut, seperti dikutip AFP, berbunyi “Darurat Tornado. Dua Tornado saat ini sedang menuju Dallas Fort Worth Metroplex. Segeralah berlindung.” Peringatan tersebut berlaku sampai Selasa pukul 20.00 (Rabu pagi pukul 08.00 WIB)
Sejumlah saksi memang mengungkapkan betapa mengerikannya kekuatan terjangan tornado yang dua di antaranya sampai touch down alias menyentuh bumi itu.

  “Tak ubahnya The Wizard Of Oz (novel anak-anak yang sudah di filmkan yang berceritakan tentang petualangan seorang gadis bernama Dorothy Gale di Land Of Oz setelah tersapu badai dari kediamannya di Kansas, Red),” tutur Gwen Dabbs, seorang warga Dallas yang selamat setelah berlindung di salah satu lekukan rumahnya, kepada CNN.

  Saksi lainnya, Jonathan Cook, tengah berada di sebuah pompa bensin saat tornado datang “Awalnya, hujan mengguyur di selingi hujan batu es. Tapi tiba-tiba hujan dan hujan es berhenti. Saat itulah kami melihat tornado touch down,” ungkaonya.

  Touch Down yang di maksud Cook itu terjadi di sebuah pangkalan truk kontainer pengangkut kargo di bagian selatan Dallas. Rekaman tayangan di beberapa televisi setempat sebagaimana dikuti[ CNN, memperlihatkan beberapa kontainer yang beratnya berton-ton itu di terbangkan bagai kapan. Namun, tak ada laporan korban luka dan tewas di tempat tersebut.

  “Jumlah keseluruhan tornado yang menerjang Texas Utara antara enam sampai 13. Sampai diadakannya survei lapangan, jumlah itu baru dalam tahap perkiraan,” kata Jesse Moore meteorolog di Badan Cuaca Nasional di Dallas-Forth Worth. Saat berita ini ditulis tadi malam WIB, tornado sudah berlalu. Tapi, otoritas di masing-masing kota pun sibuk membersihkan kota dari puing-puing serta mendata korban. Secara keseluruhan, Texas Utara masih lumpuh.

  Di Bandara Internasional Dallas-Forth Worth sampai tadi malam WIB, American Airlines yang markas operasionalnya berada di bandara tersebut membatalkan seluruh penerbangan dari dan menuju Dallas. Pengumuman itu disampaikan melalui twitter dan sudah pasti berdampak terhadap bandara-bandara lain di seluruh AS.

  Maskapai lainnya, Southwest Airlines, melakukan pembatalan serupa terhadap 40 penerbangan di Bandara nomor dua Dallas, Dallas Love Field. Southwest menegaskan masih akan menunggu perkembangan sebelum mengumumkan kapan beroperasi normal lagi di Dallas.

  Wali Kota Dallas Mike Rawling memperkirakan, kerusakan dan kerugian yang tampak sekarang masih akan membengkak. “Kami sangat terpukul atas kerusakan yang terjadi. Tapi yang membesarkan hati kami, tak ada korban jiwa dan tak ada laporan luka-luka parah. Itu sungguh seperti keajaiban,” ujar Rawlings kepada CNN.

  Sementara itu, Wakil Gubernur Dewhurst mengingatkan seluruh warga agar tetap waspada “Kita tengah berada dalam musim tornado. Jadi, tolong Anda semua berhati-hati dan perhatikan tiap peringatan dari badan resmi. Sementara itu upayakan berlindung di tempat yang aman,” katanya.

Upload Terus Info Dalam dan Luar Negeri Di chandrasirait.blogspot.com


No comments:

Post a Comment